Visi, Misi dan Tujuan
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

 

Visi

Agar perumusan visi suatu institusi jelas, singkat, padat, dan terukur diperlukan suatu pendekatan. Pendekatan yang dilakukan untuk merumuskan visi Program Studi STKIP Muhammadiyah Kuningan menggunakan prinsip SMART. Prinsip ini merupakan singkatan dari lima huruf bermakna. Adapun makna dari masing-maing huruf tersebut sebagai berikut.

  1. S bermakna specific dan simple. Visi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Muhammadiyah Kuningan dirumuskan dalam bentuk kalimat yang khusus dan sederhana sehingga mudah diingat dan  dipahami dengan  indikator yang terukur dengan jelas.
  2. M bermakna managable. Visi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Muhammadiyah Kuningan dapat dikelola atau dilaksanakan.
  3. A bermakna Acceptable dan Achievvable. Visi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Muhammadiyah Kuningan disesuaikan dengan kebutuhan dan lingkungan.
  4. R bermakna Realistic. Visi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Muhammadiyah Kuningan bersifat oprasional dan disesuaikan dengan kondisi nyata serta bermanfaat.
  5. T bermakna Time-bond. Visi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Muhammadiyah Kuningan mempunyai jangka waktu tertentu dan terencana. Jangka waktu waktu ini penting dalam visi dan misi untuk mengetahui atau evaluasi ketercapaian visi dan misi tersebut.

Dengan prinsip SMART tersebut, visi Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar STKIP Muhammadiyah Kuningan dirumuskan sebagai berikut.
”Menjadi Program Studi yang islami, unggul, dan berdaya saing  di tingkat nasional pada tahun 2020”
Rumusan visi di atas mengacu pada visi STKIP Muhammadiyah Kuningan pada tataran program studi dengan indikator, sebagai berikut:

a.    Islami, penyelenggaraan (perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan) program studi pendidikan guru sekolah dasar  berdimensi moralitas ke-Islaman dan ke-Muhammadiyahan yang sebenar-benarnya dengan berlandaskan prinsip dan nilai Al-quran dan Al-Sunnah.

b.    Unggul, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Muhammadiyah Kuningan memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang berhubungan dengan pendidikan dasar baik pada tingkat lokal, regional, maupun nasional. Keunggulan Program Studi Pendidikan Guru sekolah Dasar selaras dengan visi STKIP Muhammadiyah Kuningan. Indikator unggul dalam penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi dapat dari tiga komponen, yaitu input, process, dan output.
Keunggulan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Muhammadiyah Kuningan lebih diorientasikan pada komponen best procces untuk menghasilkan best output, mengingat latar belakang input calon mahasiswa berasal dari berbagai latar belakang sosial, ekonomi, pendidikan, geografis, dan kemampuan yang beragam. Meskipun demikian tidak menghilangkan esensi komponen best input, namun tetap ditempuh dengan strategi tertentu, yaitu  tes masuk pada calon mahasiswa dengan menggunakan sebuah perangkat riset untuk mengetahui kondisi kemampuan calon mahasiswa sehingga dapat membantu pemetaan kemampuan, perminatan, dan sebagainya. Perangkat yang digunakan untuk berbentuk Multiple Intelligence Research (MIR) yang mampu mengetahui banyak dimensi kondisi kemampuan dan kekurangan calon mahasiswa termasuk gaya belajar calon mahasiswa. Dengan dasar itu para dosen akan mendapatkan sebuah kenyataan tentang kemampuan akademik dan moral calon-calon mahasiswa barunya sangat beragam. Sehingga hal ini merupakan tantangan bagi dosen untuk mengubah menjadi ke arah positif. Dengan demikian, dosen-dosen dituntut menjadi “ägen perubahan”. Mengubah kondisi akademik dan moral mahasiswa yang negative menjadi positif. Selain iitu para dosen diaharapkan lebih kreatif, sebab meyakini bahwa gaya mengajar dosen tersebut harus disesuaikan dengan gaya belajar mahasiswanya yang beragam. Tuntutan mengajar dengan pola demikian hanya dapat dilakukan oleh dosen-dosen yang handal, punya dedikasi dan kompetensi mengajar yang baik. Dengan demikian para dosen benar-benar diharapkan menjadi lebih professional.
Dengan best process seperti digambarkan di atas, profil Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Muhammadiyah Kuningan mampu menghasilkan sarjana pendidikan sekolah dasar yang memiliki keahlian sebagai, (1) tenaga pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran berdasarkan keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan; (2) peneliti yang mampu memecahkan permaslahan pembelajaran serta mampu menghailkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar; (3) praktisi dan konsultan pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar dalam bidang pengelola pendidikan, Pembina ekstrakurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran, serta pengembang media dan sumber belajar.

c.    Berdaya saing, komitmen  Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Muhammadiyah Kuningan untuk menghasilkan sarjana pendidikan yang sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi guru sekolah dasar dan memiliki daya saing kompetitif dan komparatif. Daya saing ini meliputi (1) kemampuan memperkokoh posisi pangsa pasar, (2) kemampuan menghubungkan dengan kebutuhan lingkungannya, (3) kemampuan meningkatkan kinerja tanpa henti, dan (4) kemampuan menegakkan posisi yang menguntungkan dengan indikator  adanya efisiensi dan efektivitas yang memiliki sasaran yang tepat dalam menentukan arah dan hasil sasaran yang ingin dicapai dan atau telah ditetapkan yang meliputi tujuan akhir dan proses pencapaian akhir dalam menghadapi persaingan sekolah tinggi dan alumninya di tengah-tengah masyarakat yang sangat kompetitif dan komparatif.

Misi

Untuk mencapai visi di atas, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Muhammadiyah Kuningan menetapkan misi sebagai berikut:

  1. Meningkatkan proses pendidikan dan pengajaran yang unggul,  berdaya saing, serta berorientasi pada pendalaman basis ilmu pendidikan yang terprogram dan terarah pada lingkup program studi pendidikan sekolah dasar.
  2. Meningkatkan pelaksanaan penelitian ilmiah dalam bidang pendidikan dasar, khususnya ke-SD-an yang memiliki keunggulan dan daya saing sebagai bagian integral dari pelaksanaan Catur Darma Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah terakreditasi, baik lokal maupun nasional.
  3. Meningkatkan pelaksanaan berbagai bentuk dan pola pengabdian kepada masyarakat, terutama dalam bidang pendidikan dasar yang memiliki keunggulan dan daya saing, sehingga program studi mampu meningkatkan sumber daya  manusia di tengah masyarakat baik ditingkat lokal, regional, nasional dan internasional.
  4. Menginternalisasikan nilai-nilai ajaran Islam dan tujuan Persyarikatan Muhammadiyah pada setiap pelaksanaan Catur Darma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan pola keteladanan dan habituasi amal soleh yang harus dilakukan oleh segenap civitas academica di lingkungan program studi Pendidikan Sekolah Dasar.
  5. Membangun jejaring dan kerjasama dalam pelaksanaan catur darma perguruan tinggi yang berorientasi pada pengembangan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang unggul dan berdaya saing.

Tujuan

Tujuan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Muhammadiyah Kuningan  ialah:

  1. Tercapaianya lulusan sarjana pendidikan sekolah dasar, yang memiliki keunggulan dan berdaya saing pada tingkat lokal, regional dan nasional sesuai dengan kompetensi yang diselenggarakan program studi pendidikan sekolah dasar.
  2. Tercapainya peningkatan kualitas dan kuantitas hasil penelitian ilmiah dalam bidang pendidikan dasar yang memiliki keunggulan dan berdaya saing serta memiliki kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya bidang keilmuan yang diselenggarakan program studi serta dipublikasikan dalam jurnal ilmiah terakreditasi ditingkat lokal dan nasional.
  3. Tercapainya peningkatkan pola pengabdian pada masyarakat terutama dalam bidang pendidikan dasar melalui kerja sama dengan seluruh stakeholder dan pengguna lulusan untuk meningkatkan keunggulan dan daya saing.
  4. Tercapaianya internalisasi nilai-nilai ajaran Islam dan tujuan persyarikatan pada setiap pelaksanaan catur darma perguruan tinggi dengan pola keteladanan dan habituasi amal soleh yang harus dilakukan oleh segenap civitas academica di lingkungan program studi Pendidikan Sekolah Dasar.
  5. Tercapainya pelaksanaan membangun jejaring dan kerjasama dalam pelaksanaan Catur Darma Perguruan Tinggi yang berorientasi pada pengembangan program studi pendidikan guru sekolah dasar yang memiliki keunggulan dan daya saing.